VISI, MISI DAN TUJUAN
A. Visi
B. Misi
1.
Membudayakan kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah
2.
Membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk
melaksanakan ibadah sesuai perintah agama
3.
Melaksanaan kegiatan pembelajaran yang inovatif melalui
pengembangan dimensi profil pelajar Pancasila
4.
Melatih prestasi
peserta didik dalam bidang akademik maupun non akademik
5.
Mengasah potensi peserta didik dalam bidang teknologi
melalui inovasi dan kolaborasi
6.
Menciptakan pembelajaran yang berkualitas melalui
kegiatan bermakna
7.
Memfasilitasi SLB Negeri Tamansari sebagai pusat
pengembangan talenta, Bahasa dan komunikasi peserta didik
8.
Memupuk minat dan bakat peserta didik sesuai dengan
kompetensi yang dimilikinya;
9.
Mendorong dan melatih peserta didik melalui kegiatan
keterampilan kecakapan hidup dan wawasan kewirausahaan;
10.
Membiasakan budaya peduli dan rasa empati terhadap
lingkungan sekolah yang ramah, sehat dan tertib.
Tujuan Jangka Pendek (1 tahun)
1.
Terbentuknya akhlak dan perilaku yang mulia bagi peserta
didik;
2. Peserta didik memiliki keterampilan
hidup;
3.
Berkembangnya bakat dan minat peserta didik dibidang
olahraga, seni, keterampilan dan atau life skill;
4.
Peserta didik memiliki kepribadian dan hidup mandiri
dalam menghadapi perkembangan teknologi dalam era globalisasi;
5.
Peserta didik
memiliki kompetensi dalam bidang teknologi melalui inovasi dan
kolaborasi.
Tujuan Jangka Menengah (4 tahun)
1.
Terwujudnya satuan pendidikan yang ramah terhadap pembelajaran berwawasan
lingkungan dan ekonomi kreatif;
2.
Mengarahkan peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang
pendidikan yang lebih tinggi;
3.
Peserta didik memiliki jiwa kewirausahaan melalui
pembelajaran keterampilan yang sesuai bakat dan minatnya;
4.
Terwujudnya peserta didik yang berkarakter dan
berprestasi.
Tujuan
Jangka Panjang (8 tahun);
1.
Terwujudnya SLB Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya sebagai
pusat pengembangan talenta, sikap dan komunikasi anak;
2.
Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bidang
kemandirian dan kewirausahaan;
3.
Menghasilkan peserta didik yang kompeten sesuai dengan
bakat dan minatnya;
4.
Terwujudnya
peserta didik yang mandiri, kolaboratif dan berdaya saing.
